Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Fakultas dan Jurusan PENS Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Sekilas Tentang PENS -  Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS) alias Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Kampus ini didirikan pada tahun 1988, Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik negeri satu satunya di Surabaya, PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi / terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori dan lebih mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.
Daftar Fakultas dan Jurusan PENS Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
 PENS - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Selain dikenal oleh masyarakat luas sebagai perguruan tinggi negeri yang banyak saingannya (saingan saat mendaftar), poloteknik ini juga dikenal akan prestasinya di bidang robotika, PENS telah memenangkan kontes robot yang di selenggarakan oleh Kontes Robot Indonesia (KRI) selama 12 kali berturut-turut. Selain itu, PENS juga unggul di bidang Teknologi Informasi, PENS telah meraih penghargaan TeSCA dalam kategori Politeknik yang diselenggarakan oleh Telkom beberapa tahun yang lalu.
Baca jugaDaftar Fakultas Jurusan ITS Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Untuk program studinya sendiri, PENS memiliki 5 Departemen (Fakultas) dengan 20 program studi yang terdiri dari program diploma (d1, d3 dan d4) dan program pascasarjana (s2). Buat kalian yang belum mengetahuinya, berikut ini adalah daftar fakultas dan program studi lengkap yang ada pada Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, silahkan lihat dan baca baik baik.

Daftar Fakultas dan Jurusan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya


1. Departemen Teknik Elektro

  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D3 Teknik Elektro Industri
  • D4 Teknik Elektronika
  • D4 Teknik Telekomunikasi
  • D4 Teknik Elektro Industri
  • S2 Terapan Teknik Elektro

2. Departemen Teknik Informatika dan Komputer

  • D3 Teknik Informatika
  • D4 Teknik Komputer
  • D4 Teknik Informatika
  • S2 Terapan Teknik Informatika dan Komputer

3. Departemen Teknik Mekanika dan Energi

  • D4 Teknik Mekatronika
  • D4 Sistem Pembangkit Energi

4. Departemen Teknik Multimedia Kreatif

  • D3 Multimedia Broadcasting
  • D4 Teknologi Game

5. Departemen Program Pendidikan Jarak Jauh

  • D3 PJJ Teknik Informatika
  • D4 LJ Teknik Informatika
  • D4 LJ Teknik Elektro Industri
  • D4 LJ Teknik Telekomunikasi
  • D1 Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB)

Selain beberapa program studi diatas PENS juga memiliki program lanjut jenjang reguler maupun yang bekerja sama dengan pihak lain baik dalam negeri maupun luar negeri. yaitu :
  1. D4 LJ (Lanjut Jenjang), merupakan program untuk melanjutkan studi bagi lulusan D3 ke D4 untuk jurusan Teknik Elektronika, Telekomunikasi, Elektro Industri dan Informatika.
  2. D4 LJ PJJ (Lanjut Jenjang Pendidikan Jarak Jauh), merupakan program untuk melanjutkan studi bagi lulusan D3 ke D4 untuk jurusan Teknik Informatika.
  3. D3 PJJ (Pendidikan Jarak Jauh), program untuk melanjutkan studi bagi lulusan Community College/Akademi Komunitas binaan PENS ke jenjang D3 jurusan Teknik Informatika.
  4. D3 PJJ PENS - SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre) Taiwan, jurusan : Teknik Informatika
  5. D4 LJ PJJ PENS - POLIBAN (Politeknik Negeri Banjarmasin), jurusan : Teknik Elektro Industri dan Teknik Informatika
  6. D4 LJ PJJ PENS - AKATEL JAKARTA (Akademi Telekomunikasi Jakarta), jurusan : Teknik Telekomunikasi
  7. D4 LJ PJJ PENS - POLTEKOM (Politeknik Kota Malang), jurusan : Teknik Telekomunikasi dan Teknik Informatika
Program Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang dikembangkan di PENS menganut sistem hybrid yaitu proses pembelajaran tatap muka kelas teori dan praktikum dilaksanakan setiap bulan satu kali (empat kali selama satu semester) di Kampus pada hari Jum'at malam sampai hari Minggu. Pada waktu di luar waktu tatap muka, maka mahasiswa belajar secara mandiri melalui sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimana beberapa fasilitas telah disediakan mulai dari video conference, voip, dosenjaga, video on demand dan juga pustaka maya.

Nah itulah sekilas informasi mengenai Politeknik Elektronika Negeri Surabaya beserta daftar fakultas dan program studinya, silahkan kunjungi situs resmi PENS untuk mendapatkan informasi resmi pendaftaran mahasiswa baru dari berbagai jalur, entah itu SNMPTN, SBMPTN, jalur tes, jalur prestasi dan lain lain sebagainya.

Situs resmi : www.pens.ac.id

2 komentar untuk "Daftar Fakultas dan Jurusan PENS Politeknik Elektronika Negeri Surabaya"

Situs ini tidak memiliki hubungan langsung terhadap institusi perguruan tinggi manapun. Jadi untuk pertanyaan spesifik mengenai:

- Cara mendaftar
- Jadwal Pendaftaran
- Jadwal Kuliah Pagi/Malam
- Kelas Karyawan
- Beasiswa
- Lowongan Tenaga Pendidik

Dan perbagai pertanyaan spesifik lainnya, silahkan bertanya melalui SITUS RESMI kampus yang sudah tertulis. Terima Kasih :)